Lakukan 5 Tips ini Untuk Cepat Turunkan Berat Badan

5-Tips-Diet-Untuk-Cepat-Menurunkan-Berat-Badan-sejumlahinfo


Untuk mempunyai berat badan yang ideal itu tidak terlalu sulit. Tapi hal ini membutuhkan niat dan komitmen yang sangat tinggi untuk mencapainya. Cara untuk menurunkan berat badan itu mempunya 3 hal utama. Yaitu, Asupan makanan, olahraga, dan istirahat yang cukup. Berikut ini beberapa Cara/Tips yang bisa kamu lakukan untuk menurunkan berat badan:

1. Diet Sehat

Cara diet sehat yang pertama, bisa dimulai dari mengurangi asupan gula. Sebab selain bisa menyebabkan berbagai jenis penyakit salah satunya diabetes tipe-2, konsumsi gula berlebih juga bisa menjadi penyebab berat badan bertambah.

Cara diet sehat yang ke-2, yaitu mengurangi asupan karbohidrat terutama karbohidrat sederhana. Tapi tidak perlu menghindari karbohidrat sepenuhnya. Anda bisa mengganti jenis karbohidrat tersebut dengan jenis karbohidrat kompleks namun tetap dengan porsi yang diperhatikan dan jangan berlebihan.

Cara diet sehat yang ke-3, yaitu Makanan olahan merupakan jenis makanan yang hampir seluruh nutrisi dan serat manfaatnya sudah hilang. Makanan olahan dapat meningkatkan risiko makan berlebihan dan penyakit. Makanan olahan sendiri jenisnya seperti tepung putih, roti putih, minuman kemasan, soda, makanan ringan, hingga junk food.

Cara diet sehat selanjutnya, asupan protein tinggi sangat baik dalam membantu menurunkan berat badan. Cara diet sehat tinggi protein juga ampuh membuat tubuh merasa lebih kenyang dan sangat baik dalam menekan nafsu makan. Protein yang bisa dikonsumsi seperti telur, ayam, ikan, daging tanpa lemak, dan kacang-kacangan.

Cara diet selanjutnya, Konsumsi lemak sehat sendiri menjadi salah satu bagian dari cara diet sehat. Hal tersebut karena lemak sehat diketahui mampu menurunkan risiko penyakit jantung, stroke, serta kolesterol jahat. Sumber lemak sehat yang bisa dikonsumsi seperti alpukat, minyak zaitun, dan ikan.

Setelah konsumsi protein dan lemak, jangan lupa konsumsi juga sayur dan buah. Buah mengandung air, nutrisi dan serat yang sangat tinggi, sehingga baik dalam menjaga pencernaan. Selain itu, serat juga membantu menekan nafsu makan karena serat akan membuat perut terasa kenyang lebih cepat.

Meski bisa mendapatkan asupan air dari buah, Tapi tetap saja konsumsi air mineral yang cukup juga sangat penting dalam membantu meningkatkan metabolisme. Selain itu, dengan minum air sebelum makan juga akan membantu mengurangi jumlah makanan yang dikonsumsi.


2. Hindari makanan berkemasan

Makanan berkemasan umumnya banyak mengandung lemak, natrium, dan gula. terlalu banyak mengasup bahan makanan ini justru bisa membuat berat badan semakin meningkat. Oleh sebab itu, hindarilah makanan atau camilan, seperti keripik, biskuit, atau makanan kemasan lainnya. 

3. Perbanyak jalan kaki

lama waktu yang dihabiskan untuk mengemudi dikaitkan dengan peningkatan berat badan. Maka dari itu, dibanding menggunakan kendaraan, cobalah berjalan kaki dari satu tempat ke tempat lain, bila jaraknya terbilang dekat. 

Menurut Department of Health & Human Services, setidaknya orang dewasa harus melakukan aktivitas fisik sebanyak 150 menit tiap minggunya.


4. Jogging

Mengutip dari Healthline, seseorang dengan berat badan 70 kg bisa membakar 298 kalori tiap jogging selama 30 menit dengan kecepatan 8 km per jam.

Jogging juga bermanfaat untuk membakar lemak di sekitar perut. Jadi, resiko penyakit kronis juga ikut menurun. Mulailah jogging selama 20 hingga 30 menit untuk tiga - empat minggu.

5. Bersepeda

Sepeda adalah salah satu jenis olahraga kardio yang praktis dan mudah dikerjakan. Olahraga sepeda bisa digunakan sebagai aktivitas membakar kalori sekaligus rekreasi.

Anda perlu membakar lebih banyak kalori daripada kalori yang masuk dari asupan sehari-hari. Sebagai informasi, bersepeda bisa membakar antara 400 sampai 1.000 kalori per jam, tergantung intensitas olahraga dan bobot tubuh pesepeda.

- Tingkatkan intensitas bersepeda;

Melansir Healthline, olahraga sepeda untuk menurunkan berat badan tidak sama dengan bersepeda untuk kepentingan rekreasi. Cara bersepeda untuk menurunkan berat badan bisa dengan meningkatkan intensitas olahraga lewat mengayuh pedal lebih cepat.

Dengan bergerak lebih cepat, tubuh menggunakan energi lebih banyak ketimbang dalam kondisi santai. Semakin banyak kalori yang dibakar, semakin banyak berat badan yang turun.

Sebagai ilustrasi, orang dengan berat badan 70 kilogram dapat membakar kalori sebanyak 298 saat bersepeda selama 30 menit dengan kecepatan 19-22 kilometer per jam. Apabila kecepatan bersepeda dinaikkan antara 22-25 kilometer per jam, pesepeda dengan berat badan 70 kilogram bisa membakar kalori sebanyak 372.

Sedangkan orang dengan bobot tubuh 83 kilogram, dapat membakar kalori sebanyak 355 saat bersepeda selama 30 menit dengan kecepatan 19-22 kilometer per jam. Saat kecepatan bersepeda dinaikkan antara 22-25 kilometer per jam, kalori yang terbakar bisa mencapai 444.


Pastikan kamu selalu rutin melakukan Tips Cepat Menurunkan Berat Badan seperti yang sudah dijelaskan tadi. Selalu konsisten dalam menjalankan program diet agar kamu mendapat berat badan yang ideal.